Mengurus BPJS

Sebagai salah satu warga Kota Makassar, aku cukup ‘dimanjakan’ dengan fasilitas kesehatan kota ini. Hanya dengan menyodorkan KTP sebagai tanda domisili di Kota Makassar, aku dan anak-anak bisa mendapatkan pengobatan gratis di tingkat pertama (Puskesmas). Pelayanan di puskesmas pun cukup baik. Sebagai contoh, di Puskesmas Sudiang, puskesmas yang terdekat dengan tempat tinggalku, ada 3 poli plus satu laboratorium dan satu unit gawat darurat.

Di poli umum, ada tiga orang dokter umum yang senior dan beberapa bidan dan perawat yang menemani. Di poli gigi terdapat dua orang dokter gigi dan perawat juga. Di poli KIA, ada dua orang dokter obgyn dan beberapa bidan senior. Pelayanan loket pun cukup baik. Hanya dengan mengandalkan KTP saja kami sudah bisa mendapatkan pelayanan kesehatan tersebut.

Hal itu pulalah yang menyebabkanku agak sedikit enggan mengurus kartu BPJS. Padahal sebagai pns dan sekaligus juga istri pns, aku dan anak-anak seharusnya memiliki kartu BPJS. Untuk itu, hari ini aku membulatkan tekad untuk mengurus kartu itu. Kartu untukku, sekaligus untuk dua orang anakku. Aku mengurusnya di di Kantor BPJS Kota Makassar.

image

Sebenarnya aku sudah memiliki kartu tersebut. Namun karena aku pernah kecopetan yang mana dompet beserta isinya raib tak berbekas, maka nasib kartu BPJS ku pun ikut lenyap pula. Hiks.

Untuk mengurus kartu BPJS yang hilang, bawalah berkas-berkas berikut, yaitu surat keterangan kehilangan dan kartu keluarga. Sedangkan untuk mengurus BPJS anak tertanggung, syaratnya antara lain membawa foto kopi kartu keluarga, akte kelahiran, KP4, slip gaji yang menanggung (dalam hal ini slip gaji suamiku), kartu BPJS suami, KTP suami. Dan jangan lupa foto ukuran 3×4 berwarna.

Begitulah sekelumit kisahku dalam mengurus BPJS. Untuk pelayanan di kantor BPJS akan kuceritakan nanti ya.

Leave a Reply

