Resep Bakmie Jawa

Belakangan aku rindu sama yang namanya olahan mie. Pada dasarnya sih karena aku memang penyuka mie. Dari mulai yang instan hingga yang homemade, apalagi yang ala2 masakan china, suka banget. Belakangan, di timeline facebook-ku bersliweran berbagai resep mie-mie-an yang dishare teman-teman, jadilah aku makin ngidam makan mie. Dulu, bisa beberapa kali dalam seminggu makan mie. Nah karena sekarang lg belajar hidup sehat, aku sudah mulai membatasi jajan mie *hiks*.

Keinginan makan mie makin tak tertahan, akhirnya aku makan bakmie jawa di salah satu gerai makanan di mall. Sedap, tapi sesudah itu aku makin penasaran dengan resep bakmie jawa ini. Setelah gugling beberapa kali, aku menemukan resep yang sederhana dan sepertinya mudah. Jadi aku segera ingin mempraktekkan resep itu, dgn modifikasi seadanya dari aku. Ini dia resepnya

image

Bahan :
0,2 kg mie kuning basah (beli di pasar)
jamur tiram, secukupnya
sawi hijau, satu ikat
tahu 2 potong, goreng, potong kecil2
tomat 1 buah

Bumbu :
Bamer 2 siung
Baput 3 siung
Kemiri, 2 butir
Merica secukupnya
Garam, secukupnya

Cara membuat :
1. Haluskan bumbu2, semua bahan bumbu diuleg kecuali garam.
2. Tuang minyak goreng secukupnya di wajan, tumis bumbu halus tsb.
3. Jika sudah berbau harum, masukkan sawi, masak sebentar hingga layu. Tambahkan air sedikit.
4. Masukkan suwiran jamur, cincangan tomat, dan tahu, aduk beberapa saat. Masukkan juga potongan cabe rawit (aku suka melakukan ini karena suka sensasi jebakan pedas di tiap suapan mie, hehe). Masukkan kecap sesuai selera.
5. Masukkan mie basah (sebelumnya cuci bersih dan rendam dalam air mendidih sekitar 1-2 menit terlebih dahulu), masak hingga air menyusut dan mie matang, dan tak terlalu lembek.
6. Matikan kompor, tunggu beberapa saat lalu garami. Aduk-aduk sebentar dan bakmie siap dihidangkan. Bisa ditambahkan bawang merah goreng ditaburkan di atasnya bila suka.

Gampang kan? Cocok banget ini dihidangkan di cuaca hujan seperti ini. Buat yang lagi food combining, ini masih sesuai juklak lah meskipun nggak ideal. Sebelum makan ini bisa nenggak jus sayur dulu utk asupan basanya.

Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply

