Resep Bakmie Jawa

Belakangan aku rindu sama yang namanya olahan mie. Pada dasarnya sih karena aku memang penyuka mie. Dari mulai yang instan hingga yang homemade, apalagi yang ala2 masakan china, suka banget. Belakangan, di timeline facebook-ku bersliweran berbagai resep mie-mie-an yang dishare teman-teman, jadilah aku makin ngidam makan mie. Dulu, bisa beberapa kali dalam seminggu makan mie. Nah karena sekarang lg belajar hidup sehat, aku sudah mulai membatasi jajan mie *hiks*.

Keinginan makan mie makin tak tertahan, akhirnya aku makan bakmie jawa di salah satu gerai makanan di mall. Sedap, tapi sesudah itu aku makin penasaran dengan resep bakmie jawa ini. Setelah gugling beberapa kali, aku menemukan resep yang sederhana dan sepertinya mudah. Jadi aku segera ingin mempraktekkan resep itu, dgn modifikasi seadanya dari aku. Ini dia resepnya

Continue reading

Advertisements

#Resep : Ayam Rica-Rica

Haloo, selamat jumpa kembali di hari wiken ini. Apa kabar Indonesia? Alhamdulillah Makassar masih kering kerontang, belum tersapa hujan. Cuaca panas, namun tak mengurangi minat saya untuk memasak masakan pedas. Kali ini saya akan memposting resep yang (lagi-lagi) sederhana : ayam rica-rica.

Bahan :

  • Ayam setengah badan, potong kecil-kecil (kalau di tukang ayam bilang saja untuk masak rica). Beri air jeruk nipis, diamkan selama 10 menit. Bilas dan cuci dengan bersih.
  • Bawang merah, 3 siung
  • Bawang putih, 3 siung
  • Cabe rawit, sesuai selera (sesuaikan dengan tingkat kepedasan yang anda inginkan)
  • Cabe merah besar, 5 buah
  • Kencur, secukupnya
  • Sereh, 2 batang
  • Daun jeruk, 4 lembar
  • Garam dan gula, secukupnya
  • Minyak untuk menumis
  • Air secukupnya.

Cara memasak :

  1. Haluskan cabe merah besar, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, kencur, kemudian tumis sampai harum.
  2. Masukkan ayam yang telah dibersihkan, aduk hingga rata.
  3. Masukkan daun jeruk dan sereh, dan juga air secukupnya.
  4. Masak hingga daging ayam berubah empuk dan air menyusut.
  5. Jika sudah masak, matikan kompor. Masukkan gula dan garam sesuai selera. Ayam rica siap dihidangkan.

Gampang, kan? Selamat mencoba, ya!

#Resep : Pallu Mara Khas Makassar

Salah satu yang menonjol dari kuliner Makassar pada umumnya adalah rasa orisinil dari bahan makanan utamanya. Kebanyakan main-dish kuliner Makassar tidak menggunakan banyak bumbu, tetapi memadukan antara rasa orisinil bahan utama dengan rasa orisinil bumbu-bumbu yang tak seberapa banyak itu.
Continue reading

#Resep : Es Kacang Merah

Ceritanya, sudah dari sejak lama saya kepingin sekali beli panci presto. Sejak mendengar kehebatan panci presto yang katanya bisa merebus dan melunakkan bahan makanan dengan terstruktur, masif dan sistematis dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Jadi, setelah ada bujet, saya beranikan diri untuk membeli panci presto. Saya belinya merk Fincook, setelah ngincer panci presto Maxim namun ternyata stoknya di toko langganan sedang habis. Jadi ya mau tak mau saya segera berpindah ke merk lain yang sekira kualitasnya setara dengan panci presto Maxim. Dan jatuhlah pilihanku kepada si panci presto Fincook ini.
Continue reading

Sop Ubi Makassar : The Simply-Tasty Cullinary

Challenge memasak sop ubi yang sempat saya posting beberapa saat yang lalu untuk membangkitkan semangat membara yang cetar membahana setelah terpuruk dengan kemalasan (yosh! bahasanya panjang banggedd!), AKHIRNYA terealisasi di wiken ini. Yippie!! Rasanya? Kalo sama saya yah mak nyos top markotop terpampang nyata sepanjang khatulistiwa membumbung menuju ke antariksa, hehe.

Continue reading

Nugget Ayam

Ceritanya hari Senin sampai Kamis depan insya Allah saya akan bertugas ke luar kota. Ke Jakarta. Wuah, harus nyiapin sesuatu nih supaya Ayah dan Arya nggak keseringan jajan selama mama nggak dirumah.

Kebetulan saya pecinta masakan praktis (maksudnya masakan yang nggak ribet gitu buw), sedangkan ayah tipikal picky eater, dan nggak suka sayuran. Sempat kepikiran pengen bikin nugget ayam aja lah, secara si ayah doyan banget nugget. Kalo Arya sih semuanya suka ya, nggak milih-milih, kaya emaknya 😀

Continue reading